Harap Tunggu ....

Change Color

> Kepala Desa

Kepala Desa bertugas meyelenggarakan Pemerintahan Desa, melaksanakan Pembangunan Desa, Pembinaan Kemasyarakatan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

> Sekretaris Desa

Sekretaris Desa mempunyai tugas:

a. melaksanakan penyelenggaraan administrasi Pemerintahan Desa;

b. mengelola administrasi dan memberikan pelayanan administrasi kepada seluruh Perangkat Desa dalam hal:

1. Perencanaan;

2. Evaluasi dan Pelaporan;

3. Keuangan;

4. Administrasi Umum.

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud, Sekretariat Desa mempunyai fungsi:

a. perumusan, perencanaan dan program di lingkungan Pemerintah Desa;

b. pemberian pelayanan administratif kepada masyarakat, Pemerintahan Desa dan instansi pemerintah lainnya

c. penyusunan anggaran dan pengelolaan administrasi keuangan;

d. pengelolaan urusan administrasi Perangkat Desa;

e. pengelolaan perlengkapan, rumah tangga dan aset Desa;

f. penyelenggaraan keprotokolan.

> Urusan Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan

Urusan Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan mempunyai tugas:

a. menghimpun dan menyusun rencana kegiatan dan anggaran pembangunan;

b. mengumpulkan dan mengestimasi data untuk bahan penyusunan program;

c. melaksanaan perumusan penyusunan program;

d. menyusun:

1. Laporan pelaksanaan program pembangunan Desa;

2. Laporan keuangan, yang meliputi:

a) realisasi Anggaran;

b) neraca;

c) catatan atas laporan keuangan.

3. Laporan penyelenggaraan Pemerintahan Desa, yang memuat paling sedikit:

a) pertanggungjawaban penyelenggaraan Pemerintahan Desa;

b) pertanggungjawaban pelaksanaan pembangunan;

c) pelaksanaan pembinaan kemasyarakatan;

d) pelaksanaan pemberdayaan masyarakat;

e. mengelola penyajian, pendokumentasian data dasar dan data hasil Pemerintahan dan Pembangunan Desa;

f. melaksanakan monitoring/memantau, analisis dan evaluasi serta pengendalian terhadap pelaksanaan program;

g. melakukan evaluasi pelaporan;

h. memberikan saran dan pertimbangan kepada Sekretaris Desa dalam bidang tugasnya;

i. melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Sekretaris Desa.

> Urusan Keuangan

         Urusan Keuangan mempunyai tugas:

a. melakukan penatausahaan keuangan anggaran rutin dan anggaran pembangunan;

b. melaksaakan administrasi penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa);

c. melaksanakan administrasi pengeluaran atau biaya rutin dan biaya pembangunan Desa;

d. melaksanakan penyusunan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa);

e. melaksanakan perhitungan anggaran penerimaan dan belanja Desa;

f. menyelesaikan administrasi pelaksanaan pembayaran tunjangan Perangkat Desa dan pembayaran keuangan lainnya;

g. mengelola dan mendokumentasikan administrasi keuangan Desa;

h. mempersiapkan secara periodik program kerja di bidang keuangan;

i. memberikan saran dan pertimbangan kepada sekretaris Desa di bidang urusan keuangan;

j. melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Sekretaris Desa.

> Urusan Umum

Urusan Umum mempunyai tugas:

a. menyelenggarakan pengelolaan tata usaha Perangkat Desa yang meliputi:

1. Pengumpulan data Perangkat Desa;

2. Penerapan persyaratan pengangkatan, perpindahan dan pemberhentian Perangkat Desa;

3. Pengelolaan buku induk Perangkat Desa;

b. melakukan urusan surat menyurat;

c. meyimpan, memelihara dan mengamankan arsip dan dokumen penyelenggaraan Pemerintah Desa;

d. menyusun rencana kebutuhan dan melaksanakan kegiatan - kegiatan ketatausahaan, perlengkapan, pemeliharaan, kebersihan dan keamanan kantor;

e. menginvestarisasi, menyimpan dan memelihara dan mengamankan aset Desa;

f. mengurus kesejahteraan Perangkat Desa antara lain meliputi kesehatan, tunjangan dan pemberian tanda jasa;

g. mengurus rumah tangga Desa, keprotokolan, hukum dan perjalanan dinas;

h. menyelenggarakan evaluasi dan pelaporan bidang pelaksanaan organisasi dan tata laksana serta administrasi Perangkat Desa;

i. memproses administasi peserta pendidikan dan pelatihan;

j. menghimpun, mengatur dan mensistemasikan data atau informasi Perangkat Desa;

k. memberikan saran dan pertimbangan kepada Sekretaris Desa dalam bidang tugasnya;

l. melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Sekretaris Desa

> Pelaksana Kewilayahan / Kepala Dusun

Kepala Dusun mempunyai tugas menjalankan kegiatan di wilayah kerjanya. Tugas menjalankan kegiatan sebagaimana dimaksud meliputi:

a. memimpin penyelenggaraan Pemerintahan di wilayah kerjanya;

b. mengajukan saran dan usul dalam proses penyusunan kebijakan yang akan ditetapkan oleh Kepala Desa dan BPD;

c. menjaga kelestarian adat istiadat yang tumbuh dan berkembang di wilayah kerjanya;

d. mejaga keamanan, ketenteraman dan ketertiban di wilayah kerjannya;

e. menumbuhkan dan mengembangkan semangat gotong-royong dan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan di wilayah kerjanya;

f. melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Desa.

 

Ada pertanyaan silahkan hubungi kami

Hubungi Kami di (0000) 000 000