Sosialisasi ODF (Open Defecation Free) dan KIA (Kesehatan Ibu dan Anak)

Gununganyar, Tapen – Kesehatan merupakan sesuatu yang penting bagi masyarakat salah satunya masyarakat Gununganyar. Musyawarah Masyarakat Desa yang dilaksanakan pada Jumat 20 Juli 2018 di Balai Desa Gununganyar membicarakan permasalahan yang menjadi sorotan pada MMD (Musyawarah Masyarakat Desa) antara lain TBC, ODF dan KIA. TBC (tuberculosis) merupakan penyakit yang menular dan berbahaya. Warga desa gununganyar yang menderita TBC berjumlah 4 orang.

Para penderita tersebut sudah mendapat penanganan dari puskesmas berupa pengobatan selama 6 bulan. ODF (Open Defecation Free) adalah keadaan ketika setiap orang yang tidak buang air besar sembarangan dan itu berhubungan dengan kesehatan lingkungan. Desa Gununganyar merupakan desa yang belum ODF karena ada satu dusun yang belum memiliki fasilitas yang memadai. Dusun kogedang termasuk dusun yang paling disoroti karena kepemilikan jamban pribadi hanya 18 KK dari 154 KK yang ada. Warga dusun menggunakan aliran sungai untuk berbagai aktivitas antara lain mandi, cuci baju, piring dan buang air besar.

Masalah lainnya yang merupakakan prioritas selain ODF yaitu KIA (Kesehatan ibu dan anak) menjadi perhatian yang menonjol karena pada desa Gununganyar ada seorang bayi yang berada dibawah garis merah artinya mengalami perkembangan yg buruk. Bayi tersebut memiliki berat 5,6 Kg pada usia 2 tahun. Perkembangan yang sangat lambat tesebut karena tidak dapat mencerna makanan dengan baik. Nutrisi yang didapat hanya berasal dari susu formula tanpa dibantu makanan tambahan. Bantuan yang sedang diupayakan yaitu berupa program ibu asuh untuk orang tua sehingga dapat membantu perkembangan bayi. Adanya MMD meberikan solusi berupa beberapa kegiatan agar dapat mengatasi masalah yang ada. Mari kita sukseskan kegiatan tersebut sehingga Desa Gununganyar dapat sejahtera!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar